Project Description

Diploma III Kebidanan

Program Studi DIII kebidanan merupakan salah satu program studi pertama yang dikelola oleh STIKES Widyagama Husada, yang berdiri berdasarkan SK MENDIKNAS RI No.:229/D/O/2002  tentang  Pendirian  Akademi  kebidanan  Widyagama  Husada  dan  Ijin Penyelenggaraan Program Studi DIII Kebidanan.

Program DIII Kebidanan memberikan keterampilan layanan, kemampuan dan keahlian dalam asuhan kebidanan serta manajemen. Dengan demikian lulusannya diharapkan mampu melaksanakan perawatan kebidanan pada individu, keluarga dan masyarakat, mengelola pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus, meningkatkan manajemen pelayanan dan upaya kesehatan masyarakat.

Pendidikan Diploma III Kebidanan Widyagama Husada merupakan bagian dari jenjang pendidikan tinggi tenaga kesehatan yang menghasilkan tenaga bidan professional pada tingkat Ahli Madya yang lulusannya mendapat gelar Ahli Madya Kebidanan yang mempu berperan sebagai Care Provider (pemberi asuhan kebidanan) yaitu seorang Ahli Madya Kebidanan  yang  berperan  sebagai pemberi asuhan  kebidanan  essensial  pada  masa kehamilan, persalinan, nifas, keluarga berencana, bayi, dan promosi kesehatan reproduksi dengan melibatkan keluarga dan masyarakat pada kondisi normal sesuai standar dan kode etik profesi pada tatanan pelayanan kesehatan.

 

Apply Today

 

Visi

Menjadi Program Studi   DIII Kebidanan   dengan keunggulan dalam bidang Family Homecare yang berkomitmen terhadap nilai keagamaan, kewirausahaan dan keIndonesiaan di tingkat regional pada tahun 2025

Misi

  1. Melaksanakan  Prodi   DIII   Kebidanan   dengan       mengintegrasikan   nilai keagamaan, kewirausahaan dan keIndonesiaan.
  2. Mengembangkan IPTEK melalui penelitian di bidang family homecare.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang family homecare.
  4. Melaksanakan pengelolaan SDM, Keuangan, Sarana dan Prasarana

TUJUAN

  1. Dihasilkannya lulusan yang unggul    berjiwa keagamaan, kewirausahaan dan keIndonesiaan.
  2. Dihasilkannya IPTEK melalui penelitian bidang family homecare.
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di bidang family homecare.
  4. Terlaksananya pengelolaan SDM, Keuangan, Sarana dan Prasarana
[/fusion_table]
Apply Today

 

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Mampu berperilaku profesional, beretika dan bermoral serta tanggap terhadap nilai sosial budaya dalam praktik kebidanan.
  2. Mampu melakukan komunikasi efektif kepada keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi lain dalam upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak dalam pelayanan kebidanan.
  3. Mampu memberikan  asuhan  kebidanan  secara  efektif,  aman  dan  holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal berdasarkan standar praktik kebidanan dan kode etik profesi.
  4. Mampu melakukan upaya promotif, preventif, deteksi dini dan pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan kebi
  5. Mampu merencanakan,  mengorganisasi,  mengimplementasi,  mengevaluasi, mengelola  dan  mengembangkan kewirausahaan  dan  pelayanan  kebidanan mandiri.
  6. Mampu  melakukan   penilaian   cepat   dan   melakukan   penatalaksanaan kewagawatdaruratan umum, maternal dan neonatal secara cepat, tepat dan kompeten menggunakan teknologi tepat guna sesuai kewenangan.
  7. Mampu  menggunkan   bahasa   inggris   dan   teknologi   informasi   dalam berkomunikasi dan melakukan pelayanan kebidanan, sehingga dapat menganalisis kasus kebidanan, memberikan solusi terbaik dan melakukan perbaikan-perbaikan dengan dasar-dasar ilmiah.
Apply Today
NO PARAMETER CP KEMAMPUAN
1 SIKAP 1.     Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2.     Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4.     Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5.    Menghargai     keanekaragaman     budaya,     pandangan,     agama,     dan
kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6.     Menghargai martabat perempuan sebagai individu yang memiliki hak-hak, potensi, dan privasi.
7. Bekerja  sama  dan  memiliki  kepekaan  sosial  serta  kepedulian  terhadap

masyarakat dan lingkungan;

8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta

dalam kehidupan berprofesi

9. Menginternalisasi nilai-nilai luhur, norma, filosofi, dan etika akademik.
10.  Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya
11.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2 KETERAMPILAN UMUM 1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan memilih beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku dalam pelayanan dan asuhan kebidanan berdasarkan analisis data.
2. Mampu  menunjukkan  kinerja  yang  bermutu  dan  terukur  sesuai  dengan

standar prosedur operasional dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan.

3. Mampu memecahkan masalah dalam pelayanan dan asuhan kebidanan sesuai dengan kompetensi, kewenangan yang berbasisi bukti ilmiah dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan.
5. Mampu   bekerja   sama,   berkomunikasi   teknis   dan   prosedural   dalam

pekerjaannya.

6. Mampu  bertanggung  jawab  atas  pencapaian  hasil  kerja  kelompok  dan

melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi

kerja secara mandiri.

8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarism.
3 1.

2.

Menguasai konsep teoritis fisiologis siklus hidup manusia (Human Lifecycle

Physiology)

Menguasai   konsep   teoritis   ekologi   manusia,   biologi   reproduksi   dan perkembangan secara umum.

3. Menguasai konsep umum psikologi perkembangan yang berkaitan dengan siklus reproduksi perempuan.
PENGUASAAN 4. Menguasai  konsep   umum  mikrobiologi,  kimia,  fisika,  bio  kimia,  dan farmakologi.
PENGETAHUAN 5. Menguasai konsep umum, prinsip, dan teknik bantuan hidup dasar (Basic Life

Support)

6. Menguasai konsep umum sosial budaya, agama, dan kepercayaan.
7. Menguasai konsep umum ilmu gizi dalam siklus reproduksi perempuan.
8. Menguasai  metode,  teknik  dan  pengetahuan  prosedural  dalam  asuhan

kebidanan pada kehamilan, persalinan, pasca persalinan, bayi baru lahir, bayi dan balita secara umum.

9. Menguasai pengetahuan tentang jenis, tanda, dan gejala tentang komplikasi pada masa kehamilan, persalinan pasca persalinan, bayi baru lahir, bayi dan

balita secara umum.

10.  Menguasai konsep umum kesehatan masyarakat pada substansi promosi kesehatan perempuan, ibu, dan anak.
11.  Mengetahui  pengetahuan  faktual  tentang  jenis,  masa  inkubasi,  dampak penyakit-penyakit umum dan infeksi pada kehamilan dan persalinan.
12.  Menguasai  pengetahuan  faktual  tentang  etika  dan  hukum  perundang-

undangan dalam asuhan kebidanan.

13.  Menguasai konsep umum prinsip, dan teknik komunikasi efektif.
14.  Menguasai, konsep, prinsip, dan teknik komunikasi teurapeutik.
15.  Mampu menggunakan bahasa inggris dalam berkomunikasi dan melakukan pelayanan kebidanan sehingga mampu berdaya jual tinggi dan bersaing di

pasar global.

16. Mampu menggunakan teknologi informasi yang tepat sehingga dapat menganalisa kasus kebidanan, memberikan solusi terbaik dan melakukan perbaikan-perbaikan dengan dasar-dasar ilmiah.
17.  Menguasai   konsep   teoritis   tentang   manajemen   kepemimpinan   dan

kewirausahaan.

18.  Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dan keIndonesiaan dalam memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui  bayi baru  lahir, balita  dan  kesehatan  reproduksi  pada kondisi normal berdasarkan standar praktek kebidanan dan kode etik profesi
4 KETERAMPILAN KHUSUS 1.     Mampu memberikan asuhan kebidanan pada kehamilan dan persalian normal sesuai standar mutu yang berlaku, dan kode etik profesi.
2.    Mampu    melaksanakan    asuhan    kebidanan    pada   pasca    persalinan

(postpartum) normal sesuai standar mutu yang berlaku, dan kode eitk profesi.

3.     Mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir (neonatus) bayi dan balita normal, sesuai standar mutu yang berlaku, dan kode eitk profesi.
4.     Mampu melakukan deteksi dini kelainan pada kehamilan, persalinan, pasca persalinan, bayi baru lahir, bayi dan balita, dan penanganan awal kegawatdaruratan, serta melakukan rujukan kepada profesional lain yang relevan.
5.     Mampu   melakukan   edukasi   dan   konsultasi   tentang   fungsi,   manfaat, komplikasi, efek samping, dan tata cara penggunaan kontrasepsi oral, suntik, kondom, dan metode kontrasepsi alamiah kepada masyarakat dan pemangku kepentingan yang relevan.
6.     Mampu melaksanakan pelayanan kontrasepsi oral dan suntik sesuai standar mutu yang berlaku, dan kode etik profesi dengan mempertimbangkan aspek budaya setempat.
7.    Mampu  mencatat  dan  mendokumentasikan  asuhan  kebidanan  (butir1-6)

sesuai sistem rekam medis y ang berlaku.

8.     Mampu berkomunikasi teknis dan prosedural secara verbal dan non-verbal dengan perempuan, keluarganya, dan masyarakat, serta teman sejawat untuk meningkatkan kesehatan perempuan, ibu, dan anak.
9.     Mampu melaksanakan promosi kesehatan reproduksi yang sudah dirancang institusi
10.  Mampu melaksanakan upaya pencegahan infeksi dalam asuhan kebidanan.
11.  Mampu melakukan Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support) khususnya pada kasus-kasus maternal dan neonatal.
12.  Mampu melaksanakan pelayanan kontrasepsi implan, AKDR serta konseling kontrasepsi mantab (MOW & MOP) sesuai standar mutu yang berlaku, dan kode etik profesi dengan mempertimbangkan aspek budaya setempat
13.  Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi family homecare

pada masa Kehamilan fisiologis, Monitoring kehamilan patologis, Nifas dan

Menyusui fisiologis dan Nifas Pasca Patologis.

14.  Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi family homecare pada Perawatan Neonatus, bayi dan balita fisiologis, Neonatus, bayi dan balita Paska perawatan patologis, Pertumbuhan dan perkembangan bayi, balita dan anak pra sekolah.
15.  Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi family homecare pada Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), Kespro pra nikah, Kespro wus dan pus, Keluarga berencana, Kespro pra menopause dan menopause, Gangguan kesehatan reproduksi.

Kurikulum yang digunakan oleh Prodi DIII Kebidanan STIKES Widyagama Husada adalah kurikulum tahun 2012 berdasarkan SK No. 010/K/STIKES/IX/2012 tentang Pengesahan Kurikulum Prodi DIII kebidanan  STIKES Widyagama Husada TA. 2012/2013. Kurikulum tersebut terdiri dari kurikulum inti dan tambahan. Kurikulum inti  mengacu pada Kurikulum Nasional 2011 yang diterbitkan oleh Depkes RI Nomor : HK-02.05/I/III/2/0879/2011 tentang Kurikulum Inti Pendidikan DIII Kebidanan Tahun 2011. Peninjauan kurikulum di Prodi DIII Kebidanan dilaksanakan setiap 5 tahun yang mengacu pada Buku Pedoman Pengendalian Mutu Pembelajaran. Prodi DIII Kebidanan sudah melakukan peninjauan kurikulum sebanyak 2 kali pada tahun 2007 dan 2012.

Tahun Pertama

Semester I

No Mata Kuliah Kode MK SKS
1 Pendidikan Agama BIP 1201 2
2 Pancasila BIP 1203 2
3 Anatomi BII 1206 2
4 Fisiologi BII 1207 2
5 Konsep Kebidanan BIS1308 3
6 Komunikasi dalam praktik kebidanan BIP 1209 2
7 Kebutuhan Dasar Manusia BIP 1311 3
8 Sosial Budaya Dasar BIM 1228 2
TOTAL SKS 18

Semester II

No Mata Kuliah Kode MK SKS
1 Kewarganegaraan BIP 2202 2
2 Pendidikan Budaya Anti Korupsi BIP 2205 2
3 Etikolegal dalam praktik kebidanan BIS 2210 2
4 Keterampilan Dasar Klinik Kebidanan BII 2412 4
5 Asuhan Kebidanan Kehamilan BIK 2513 5
6 Promosi Kesehatan BIS 2218 2
7 Aplikasi komputer BSL 2230 2
8 Leadership BSL 3232 2
TOTAL SKS 21

Tahun kedua

Semester III

No Mata Kuliah Kode MK SKS
1 Asuhan Kebidanan Persalinan dan BBL BIK 3514 5
2 Asuhan Kebidanan nifas dan menyusui BIK 3315 3
3 Asuhan Kebidanan neonatus, bayi dan balita BIK 3416 4
4 Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi BII 3417 4
5 Dokumentasi kebidanan BIS 3227 2
6 Obstetri BII 3229 2
7 Gynekologi BSL 3231 2
TOTAL SKS 22
No Mata Kuliah Kode MK SKS
1 Kesehatan Masyarakat BIS 4219 2
2 Asuhan Kebidanan Komunitas BIK 4320 3
3 Praktik Klinik kebidanan I BIK 4521 5
4 Kegawatdaruratan   Maternal   Neonatal   dan   Basic   Life

Support

BIK 4426 4
5 Kewirausahaan BSL 4233 2

Semester IV

  • RSUD SIDOARJO
  • RSUD BANGIL
  • RSUD M. SALEH PROBOLINGGO
  • RSUD WALUYO JATI KRAKSAAN
  • RSUD KOTA DAN KABUPATEN MOJOKERTO
  • RSUD NGANJUK
  • RS HASTA BRATA BATU
  • PUSKESMAS MALANG KOTA/KABUPATEN
  • PMB SIDOARJO
  • PMB MALANG KOTA/KABUPATEN

DOSEN

Yuniar Angelia, S.SiT, M.Kes
Yuniar Angelia, S.SiT, M.Kes
Senditya Indah Mayasari, S.SiT, M.Kes
Senditya Indah Mayasari, S.SiT, M.Kes
Jiarti Kusbandiyah, S.SiT, M.Kes
Jiarti Kusbandiyah, S.SiT, M.Kes
Yuliyanik, Amd.Keb, S.KM, M.Biomed
Yuliyanik, Amd.Keb, S.KM, M.Biomed
Patemah, S.SiT, M.Kes
Patemah, S.SiT, M.Kes
Ervin Rufaindah, S.ST, M.Keb
Ervin Rufaindah, S.ST, M.Keb
Nicky Danur Jayanti, S.ST.,M.KM
Nicky Danur Jayanti, S.ST.,M.KM
Waifti Amalia, S.ST, M.Keb
Waifti Amalia, S.ST, M.Keb
Dwi Norma Retnaningrum, S.ST., M.Keb
Dwi Norma Retnaningrum, S.ST., M.Keb
Wenny Rahmawati, S.Keb.,Bd., M.Keb
Wenny Rahmawati, S.Keb.,Bd., M.Keb
Choirina Mafilindasari, S.Pd.,MM
Choirina Mafilindasari, S.Pd.,MM
Rahmaniah Ramadhani, SE.,Ak.,MM
Rahmaniah Ramadhani, SE.,Ak.,MM
M. Natsir Lisan Sediawan, S.Sos.,MM
M. Natsir Lisan Sediawan, S.Sos.,MM

Mari Bergabung dengan STIKES WGH

Dapatkan informasi penting untuk menjadi bagian dari STIKES WGH untuk masa depan karir Anda

DAFTAR DISINI